07 Maret 2008

mereka bilang: lelah

Sejak awal, di pertemuan pertama, di ruang dimana radio itu berada. Saya telah menanyakan pada kalian jika tak siap silakan meninggalkan ruangan itu dan tak perlu bertandang untuk pertemuan-pertemuan berikutnya.

Perjalanan ini panjang dan melelahkan. bahkan Sayyid Quthb telah mengingatkan, "Barangsiapa menganggap ringan kewajiban (dakwah) ini, padahal ia merupakan kewajiban yang dapat mematahkan tulang punggung dan membuat orang gemetar, maka ia tidak akan bisa melaksanakan secara kontinyu kecuali atas pertolongan Allah. ia tidak akan bisa memikul dakwah kecuali atas pertolonganNya. dan tidak akan bisa teguh diatasnya kecuali dengan keikhlasan pada-Nya...".

Mungkin ini karena kesalahan saya yang telah memaksakan langkah pada kalian. tak semestinya pemberdayaan sebelum pemahaman. tak semestinya pengorbanan sebelum keikhlasan. Saya yang salah. Saya yang patut kalian salahkan. Maka maafkan saya...

Saya tahu kalian lelah, saya pun sama...

Tidak ada komentar: