27 Desember 2008

Satu Kisah Dalam Satu tahun

Hari ini genap setahun sudah perjalanan mereka. Diawali dari 10 orang yang kini telah bertambah 80an orang. Dimulai dari ruang kecil di seputaran kampus mereka, setapak demi setapak langkah mereka mengubah iklim mahasiswa di Batam, dari hedonis-pragmatis menjadi aktif-progresif.

Setahun adalah waktu singkat bagi mereka untuk belajar. Banyak kekurangan dan kelemahan. Dari titik nol mereka mulai menapak, sempat bingung, bimbang, merasa putus asa, tak yakin dengan kemampuan yang mereka miliki, ragu pada tujuan yang akan dicapai, tapi toh mereka telah memberikan yang terbaik, mereka telah melakukan apa yang mereka bisa.

Dulu, pada awal-awal saya membersamai mereka, nada-nada protes mereka sempat membuat saya kelabakan. Sering saya harus berpikir keras membujuk mereka, menguatkan dan meluruskan kembali niat mereka. Bahkan diantara mereka ada yang berkali-kali mengajukan pengunduran diri secara lisan, tulisan maupun sms, meskipun pada akhirnya selalu urung keinginan itu. Mereka anak-anak lugu yang sekarang menjadi cerdas,menjadi dewasa.

Setahun perjalanan yang mereka lalui adalah fase awal bagi mereka merenda kedewasaan, merajut kebersamaan dan mencipta prestasi masa depan. Saya mulai membayangkan setiap mereka kelak menjadi pemimpin. Selalu berteriak lantang melawan pembodohan dan ketidakjujuran. Saya membayangkan mereka kelak menggantikan orang-orang masa kini, selalu tegar menghadapi cobaan, bahkan merasa tertantang pada setiap ujian.

Saya mulai membayangkan, satu demi satu tunas-tunas baru akan tumbuh dari didikan mereka. Saya mulai membayangkan dan berharap menjadi kenyataan, bahwa setiap ujian yang mereka akan hadapi kelak, akan mereka jawab, "Sesungguhnya Allah bersama kita, jangan bersedih, dan jangan takut (menghadapi)".

Saya hanya mampu berharap pada apa yang saya bayangkan, menjadi kenyataan. Met Milad pertama bagi kalian....para pejuang kebaikan. Allah SWT bersama kalian.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

dan kusaksikan itu

ya, yang setahun itu

else mengatakan...

Hai org2 yg beriman, jk engkau menolong (agama) Allah, Niscaya DIA akan menolongmu & eneguhkan kedudukanmu (QS.Muhammad,:7)