10 Februari 2009

Perjalanan...


Jika anda hendak ke Kabupaten Lingga...maka sempatkanlah makan dan bawalah bekal cukup untuk perjalanan anda. Karena satu-satunya yang bisa di beli di kapal hanya segelas pop mie dan kopi panas.

Foto diatas merupakan moment saat saya berangkat ke Lingga bersama seorang teman. Keberangkatan kami untuk mengisi pelatihan disana. Lumayan jauh jarak yang harus kami tempuh, dan 6 jam kami berada diatas lautan, diombang-ambingkan ombak. Hanya ada satu kapal yang akan membawa anda ke sana tiap harinya. Jika telat, maka tunggulah esok hari.

Tak bisa kami bayangkan bagaimana mereka menikmati hidup di pulau. Terutama jika hal itu dialami oleh orang-orang kota. Banyak keterbatasan. Sudah jarak yang jauh dari pusat kota, minim listrik, air dan segala fasilitas penunjang lainnya. Bahkan ada yang lebih parah...jika anda ke pulau-pulau yang lebih kecil lainnya. Bukan hanya di Lingga, tapi di seluruh penjuru negeri ini.


Lingga bukanlah daerah paling terpencil di negeri ini. Bukan. Tapi potret kehidupan masyarakat yang terpencar di pulau-pulau akan memberikan gambaran bagaimana selama ini masyarakat masih jauh dari kesejahteraan yang dicita-citakan. Saat kami hendak pulang, ada kejadian yang cukup memilukan, seorang bapak yang sakit harus di bawa ke rumah sakit yang berada di pulau lainnya. Yang tentunya tak sedikit biaya harus dikeluarkan oleh keluarga bapak itu. Dan itu baru satu kasus, mungkin banyak kasus serupa. Bahkan bisa jadi lebih memilukan.

Mereka yang tersebar di pulau-pulau itu manusia, bagian dari bangsa ini. Sehingga tak habis pikir...Di Jakarta para elit politik beradu yoyo dan gasing serta poco-poco. Ada juga yang tebar-tebar iklan hingga ratusan milyar agar terkenal dan dipilih rakyat. Padahal... ada begitu banyak rakyat yang sangat tak mengerti bahkan tak membutuhkan politik. Yang mereka butuhkan hanya makan dan hidup layak.

So, sapa yang mau menambah sengsara rakyat? saya, anda, atau siapa? Pilihlah orang-orang yang akan membawa kebaikan jika mereka memimpin.

5 komentar:

humairamarby mengatakan...

jadi makin ambisi nih ke pulau2!

Mulki Rakhmawati mengatakan...

begitu membuminya. sip2, terus bagi2 pengalaman n inspirasi, ya.

Elsa mengatakan...

kabupaten Lingga nih dimana sih?

Unlimited Inspiration mengatakan...

Tak Hanya bercerita...biasanya orang 2 kota slalu memandang rendah kehidupan orang desa dipulau - pulau dengan keterbatasan....namun dengan keterbatasan itulah mereka mampu bertahan dari hegemoni globalisasi..sedangkan anda hanya mampu bercerita tentang kebanggaan anda yang cuma menginjakan kaki sebentar saja....tak perlu berkata - kata....cukup kerjakan apa yang mesti dilakukan ...

Doni Dwi Cahyadi mengatakan...

Akhi...ane punya temen di Kabupaten Lingga. Tepatnya Dabo, Singkep.

Kalau Allah Berkehendak, mudah-mudahan bisa silaturahim ke antum ya... kangen nih sama "banyolan-banyolan" antum...